KilasBerita.com

BAGUS.CO

Friday
Oct 31st
  Login  Sign up   Search   Iklan
Home KB Finance Ekonomi & Moneter Depdag Perpanjang Izin Impor Alat Berat Bekas

Depdag Perpanjang Izin Impor Alat Berat Bekas


Sponsor: VivaNews.net - KlikIklan.com - GramEmas.com - PulsaMall.com
E-mail Print PDF

Alat Berat Bekas Jakarta, Departemen Perdagangan akhirnya kembali menerbitkan aturan impor mesin dan peralatan mesin bekas atau barang rekondisi yang akan berlaku periode 1 Januari hingga 31 Desember 2009.

Aturan tersebut berdasarkan Permendag Nomor 57/M-DAG/PER/12/2008 pada 24 Desember 2008 tentang Ketentuan Impor Barang Modal Bukan Baru yang merupakan perpanjangan dari ketentuan sebelumnya yaitu Permendag Nomor 49/M-DAG/PER/12/2007 tanggal 27 Desember 2007.

Sebelumnya, perusahaan rekondisi alat berat bekas berteriak keras terkait izin impor alat berat bekas untuk importir umum yang masa berlakunya akan habis pada akhir Desember 2008.

Jika regulasi tersebut berakhir maka diperkirakan akan berakibat pada kurang lebih 70 perusahaan rekondisi alat berat bekas yang mengerjakan sekitar 20.000 orang lebih yang terancam pemutusan hubungan kerja (PHK)

Dalam siaran pers depdag yang dikutip Senin (5/1/2009) perpanjangan izin impor mesin bekas ini karena pertimbangan keadaan ekonomi Indonesia yang secara keseluruhan belum kondusif sehingga menyebabkan masih lemahnya kemampuan daya beli industri pada beberapa sektor, khususnya dalam pengadaan mesin dan peralatan mesin.

Untuk itu, dipandang perlu untuk melakukan upaya penyediaan barang modal yang dapat dijangkau oleh industri terkait melalui kelanjutan kebijakan impor mesin dan peralatan mesin bukan baru.

Dalam Permendag ini disebutkan barang modal bukan baru hanya dapat diimpor oleh perusahaan pemakai langsung dan/atau perusahaan rekondisi/remanufakturing.

Perusahaan rekondisi/remanufakturing, selain mengimpor untuk kebutuhan di dalam negeri juga dapat mengekspor hasil proses rekondisi/remanufakturingnya dan memenuhi pesanan pemakai langsung.

Selain memenuhi ketentuan administratif sebagaimana ketentuan sebelumnya, perusahaan rekondisi/remanufakturing juga dipersyaratkan untuk melampirkan kelayakan teknis usaha jasa pemulihan dan perbaikan termasuk fasilitas mesin, peralatan serta kemampuan purna jual oleh surveyor dan memiliki bukti surat pemesanan dari pemakai di dalam negeri.

Persetujuan impor yang telah dikeluarkan berdasarkan Permendag Nomor 49/M-DAG/PER/12/2007 dinyatakan tetap berlaku sampai berakhir masa berlakunya persetujuan impor.

Barang yang diimpor yang belum sampai pada saat persetujuan impor berakhir, pelaksanaan impornya masih diperkenankan sampai dengan 28 Februari 2009 dengan syarat sudah dilakukan pemeriksaan oleh surveyor sebelum 31 Desember 2008 yang dibuktikan dengan Certificate of Inspection (COI).

Selain hal-hal baru yang diatur pada Permendag Nomor 57/M-DAG/PER/12/2008, terdapat beberapa ketentuan yang masih berlaku, antara lain: 1) pemakai langsung tidak diwajibkan mendapat rekomendasi dari Departemen Perindustrian, sementara bagi perusahaan rekondisi/remanufakturing diwajibkan mendapat rekomendasi dari Departemen Perindustrian; 2) pelaksanaan verifikasi dan penelusuran teknis dilakukan di negara muat barang dan penerbitan COI yang merupakan dokumen pelengkap dalam proses kepabeanan.

Hal lain yang diatur yakni perusahaan yang melanggar ketentuan tersebut akan dikenakan sanksi, yaitu pencabutan Angka Pengenal Importir (API) dan/atau pidana sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. (kilasberita.com/amz/dtc)


Pemakaman Deasy Arisandi Tunggu Kedatangan Sanak Keluarga

Jenazah penyanyi era 70-an Deasy Arisandi kini tengah berada di RSPGI Cikini, Jakarta Pusat. Menurut kerabat, Caca, jenazah Deasy dimakamkan setelah sanak keluarganya lengkap.
    


...



Nikita Willy Siap Bimbing Diego Puasa Hingga Magrib

Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Berbagai macam persiapan sudah dilakukan sejumlah masyarakat termasuk kaum selebritis. Seperti Nikita Willy yang sudah menyiapkan jadwal untuk aktivitasnya selama bulan suci.
    


...



10 Lagu Indonesia yang Pernah Dicekal (1)

Pencekalan lagu barangkali sudah menjadi cerita masa lalu. Namun, bukan berarti tak menarik lagi untuk dibicarakan. Setidaknya, kisah pencekalan tersebut bisa menjadi kenangan agar tak terulang.
    


...



Jelang Tunangan, Nicole Scherzinger dan Lewis Hamilton Putus Lagi

Rencana pebalap F1 Lewis Hamilton untuk melamar sang kekasih Nicole Scherzinger sepertinya gagal. Baru-baru ini berhembus kabar hubungan cinta Lewis dan Nicole kandas di tengah jalan lagi.
    


...



Suka-duka Presenter, Dicibir Karena Nge-gosip Hingga Honor Puluhan Juta

Dunia presenter semakin hari semakin diminati. Beberapa artis yang sudah menekuni dunia akting dan model bahkan kerap 'kecebur' ke dunia itu.
    


...



ADVERTISEMENT
 


SMS Broadcast


Iklan Baris Gratis

Free Online Games

Free Online Games

ADVERTISEMENT
Banner Space For Sale







KB Photo Gallery

HOT Celebrity

 

Pose Topless Fergie di Majalah Fesyen Allure

Los Angeles Majalah fesyen Allure kembali menampilkan pose sensual selebritis. Kali ini ya...

 

Miranda Kerr & Model Lingerie Topless Bersama di Kalender

Los Angeles, Model Lingerie Victoria's Secret, Miranda Kerr bersama teman-teman supermodel...

 

Lindsay Lohan Pasang Foto Topless di Twitter

Los Angeles, Semakin hari kelakukan aktris Lindsay Lohan makin aneh-aneh saja. Setelah kem...

Who's Online

We have 118 guests online
Your IP: 23.22.204.36
Country: US




Klik Iklan Dot COM





Text Advertisement

Iklan Sponsor
Pasang iklan anda disini!

BAGUS.CO

ROMBENG.NET

AVG Internet Security